Rabu, 30 November 2016

Kisah sang nenek pemungut daun



Kisah Sang Nenek



Alhamdulillah Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat di dalam Agama Islam.

Cerita ini saya tulis dari cerita singkat sahabat saya ketika bercerita tentang Amalan seorang Awam yang cinta kepada Rasulullah SAW, saya berfikir cerita ini bagus untuk saya tulis dan saya catat di Artikel ini karena cerita ini sangat menyentuh hati saya sebagai Ummat Nabi Muhammad SAW dan mungkin ikhwan muslim lainnya dapat mengambil manfaat dan faidah dari kejadian tersebut.

Saat itu saya berkunjung di salah satu tempat tinggal teman saya kemudian saya melihat seorang nenek yang sudah tua renta sangat semangat membersihkan sampah dan kotoran yang berada di halaman masjid kemudian saya bertanya kepada sahabat saya dengan rasa kagum tentang siapa nenek itu ?

Ia menjawab : ‘dia adalah nenek yang biasa setiap harinya membersihkan halaman masjid ini, sebenarnya yang biasa membersihkan halaman masjid ini bukan nenek itu tapi kakak kandung dari nenek itu dan sekarang kakak kandungnya sudah meninggal kemudian kegiatan tersebut di lanjutkan oleh adiknya hingga saat ini.

Dahulu nenek tua itu penjual bunga.  setelah melangkah lumayan jauh berjualan, ia tak pernah lupa menyempatkan diri untuk berkunjung ke masjid umum di desa ini.

Ia pergi ketempat Wudhu untuk berwudhu, masuk ke dalam masjid, dan melakukan shalat Sunnah. Setelah membaca doa seadanya, kemudian keluar dari masjid sambil berjalan dengan lemas menuju depan masjid desa ini. Ia mengambil dedaunan yang mengotori halaman masjid dan membersihkan kotoran yang mengotori halaman masjid.

lembar demi lembar daun ia pungut . Tak satu lembar pun yang di sisakan. butuh waktu  yang  lama untuk memungut sampah yang berceceran di depan masjid seperti itu. terik matahari di siang itu sungguh menyengat dan Keringat bercucuran membasahi tubuh sang nenek.

Orang-orang yang melihatnya merasa tidak tega, sehingga mereka membersihkan kotoran di masjid sebelum nenek itu membersihkannya.

Pada hari itu, ia menhampiri masjid itu. Usai shalat, ia heran . karena tidak ada kotoran di masjid itu (bersih) dan iapun menjerit dan menangis. dan bertanya siapa yang telah membersihkan masjid ini sebelum aku yang membersihkannya. dan ingatlah jangan pernah untuk membersihkan masjid ini sebelum aku yang membersihkan kata nenek itu sambil menangis keras.

kemudian hari berikutnya ia  mengambil daun-daun itu seperti biasanya. Seorang ustad yang berada di daerah itu diminta oleh orang yang melihatnya untuk bertanya kepada nenek itu kenapa ia teguh bersemangat untuk membersihkan kotoran di masjid umum itu.

Nenek  itu bersedia menjelaskannya dengan dua persyaratan:
Pertama : ‘ Ustad saja yang mendengarkan rahasianya.
Kedua : ' jangan menyebarkan rahasia itu semasa aku masih hidup.

tak lama nenek itu meninggal dunia,dan ustad itu menceritakannya
Kemudia nenek tua itu berkata tentang alasannya selalu megambil dedaunan dan membersihkan halaman masjid itu kepada sang ustad :

“Saya ini wanita sangat bodoh, pak Ustad,” 
“Saya tau amalan  saya dan pahala ibadah saya mungkin juga tidak betul saya kerjakan. Saya tak mungkin selamat di timbangan amal dihari akhirat tanpa mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

Setiap saya mengambil lembar demi lembar daun, saya mengucapkan satu shalawat untuk Rasulullah SAW. suatu saat kalau saya meninggal, saya berharap Nabi Muhammad SAW mengenal saya dan menjemput saya. saya berharap seluruh lembar daun tersebut menjadi saksi bahwa saya cinta dan membacakan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.”

Mendengar hal itu sang Ustad langsung menangis dan bercucur Air matanya.
wanita tua dari desa itu bukan hanya mengungkapkan cinta kepada Rasulullah SAW dalam gambaran yang tulus, nenek tua tersebut tak  mengandalkan amalnya. akan tetapi mengandalkan Ridha Allah SWT yang telah di berikan kepada Rasulullah SAW.

Wahai kita Ummat Rasulullah SAW tanyakan kepada hati kecil kita seberapa besar kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW.

Semoga Bermanfaat, AMIN.
Wallahu A’lam.





Baca Juga Artikel Lainnya :  

Jika Ibu Digaji Berapakah Gaji Ibu Kita
Karomah Yang Didapat Berkat Doa Kedua Orang Tua
Kisah Keberkahan Pemimpin Yang Adil
Jenis Alat-Alat Musik Yang Diharamkan Islam
Hukum Sholat Jum’at Di Luar Masjid Menurut Ulama’ MadzhabSyafi’i
Bagaimana Cara Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW
Load disqus comments

0 komentar